PCB

Tutorial Belajar Desain PCB Untuk Pemula

Tutorial Belajar Desain PCB Untuk Pemula. Ditengah-tengah gempuran produk-produk import yang masuk ke indonesia, termasuk produk-produk import modul elektronika seperti mikrokontroler, sensor dan pheriperal lainnya. Fenomena Ini menjadikan kita semakin mudah dalam belajar elektronika karena banyak beredar di pasaran utamanya toko online yang banyak menjual produk modul-modul elektronika.

Pada postingan ini admin bukan berarti anti produk import, akan tetapi fenomena ini jika kita tidak bisa memandang dalam kacamata untuk masa depan, maka akan menjadikan siswa, mahasiswa atau teman-teman yang hobi elektronika menjadi malas.

Kemalasan tersebut berakar pada lulusan-lulusan perguruan tinggi yang jurusan kuliahnya teknik elektro atau konsentrasinya teknik elektronika sangat minim sekali mempunyai kemampuan dalam mendesain PCB. Jika kita melakukan survey, mungkin saja hanya sepersekian persen Mahasiswa Lulusan teknik Elektronika pandai dalam mendesain rangkaian elektronika.

Bagi teman-teman yang baru masuk kuliah jurusan teknik elektronika, ada baiknya kalian tekun dan banyak belajar mengenai desain PCB, agar kita tidak menjadi warga yang konsumtif, bahkan untuk urusan belajar pun kita masih instant dengan menggunakan produk import yaitu modul-modul elektronika.

Bagaimana Belajar Desain PCB untuk Pemula

Kita pelajari terlebih dahulu mengenai teknik membuat PCB. Dahulu ketika admin masih SMP, metode dalam pembuatan PCB yaitu masih sangat kolonial sekali, oke mari kita rinci satu persatu:

  • Menggambar PCB Menggunakan Spidol Permanent

Teknik menggambar PCB ini adalah kita melukis atau menggambar layout PCB langsung diatas permukaan lapisan tembaga pada PCB dengan menggunakan Spidol Permanent.

  • Menggambar PCB Metode Transfer Paper

Teknik menggambar PCB dengan transfer paper bisa dibilang lebih canggih ketimbang menggunakan spidol. Akan tetapi membutuhkan effort yang lumayan. Pertama, kalian harus mencetak layout PCB tersebut ke kertas PCB Transfer Paper. Jika kalian susah, bisa menggunakan Kertas Untuk Cetak Photo, atau kertas bekas kalender. Dan syarat ngeprint juga harus menggunakan Printer Laser, printer laser ini contohnya seperti mesin photocopy. Kemudian setelah gambar layout di cetak ke kertas tersebut, selanjutnya adalah menstrika kertas tersebut ke PCB seperti contoh gambar berikut ini.

  • Menggambar PCB Metode Sablon

  • Menggambar PCB Transfer Film

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button