Tutorial Arduino

Tutorial Arduino Cara Mengakses Modul GSM SIM808

Tutorial Arduino Cara Mengakses Modul GSM SIM808. Tutorial Arduino pada postingan kali ini adalah masih berhubungan dengan sistem Internet Of Things, dimana perangkat yang paling utama adalah yang dapat menghubungkan peangkat dengan jaringan internet. SIM808 adalah modul GSM dari SIMCOM yang sudah terdapat modul GPS di dalamnya. Selain itu juga SIM808 ini bisa mengirim SMS, Koneksi Internet dan GPS.

Spesifikasi SIM808

  • Quad-band 850/900/1800/1900MHz
  • GPRS multi-slot class12 connectivity: max. 85.6kbps(down-load/up-load)
  • GPRS mobile station class B
  • Controlled by AT Command (3GPP TS 27.007, 27.005 and SIMCOM enhanced AT Commands)
  • Supports charging control for Li-Ion battery
  • Supports Real Time Clock
  • Supply voltage range 3.4V ~ 4.4V
  • Integrated GPS/CNSS and supports A-GPS
  • Supports 3.0V to 5.0V logic level
  • Low power consumption, 1mA in sleep mode
  • Supports GPS NMEA protocol
  • Standard SIM Card

Pin Mapping SIM808

sim808 arduino

Blok Diagram Modul GSM SIM808

Blok Diagram SIM808

Mode Operasi dan Penggunaan Modul GSM SIM808

1.Operasi normal

GSM / GPRS SLEEP. Modul akan otomatis masuk ke mode sleep jika kondisi sleep mode aktif dan tidak ada on air dan tidak ada interupsi hardware (seperti interupsi GPIO atau data pada port serial). Dalam hal ini, konsumsi modul saat ini akan berkurang ke level minimal. Dalam mode tidur, modul masih dapat menerima pesan paging dan SMS.

IDLE GSM. Perangkat lunak aktif. Modul didaftarkan ke jaringan GSM, dan modul siap untuk berkomunikasi.
GSM BICARA. Koneksi antara dua pelanggan sedang berlangsung. Dalam kasus ini, konsumsi daya tergantung pada pengaturan jaringan seperti DTX off / on, FR / EFR / HR, hopping sequence, antena.
GPRS SIAGA. Modul siap untuk transfer data GPRS, tetapi tidak ada data yang dikirim atau diterima. Dalam kasus ini, konsumsi daya tergantung pada pengaturan jaringan dan konfigurasi GPRS.
DATA GPRS. Ada transfer data GPRS (PPP atau TCP atau UDP) sedang berlangsung. Dalam hal ini, konsumsi daya terkait dengan pengaturan jaringan (mis. Level kendali daya); kecepatan data uplink / downlink dan konfigurasi GPRS (misalnya, pengaturan multi-slot yang digunakan).
Biaya. Fungsi pengisian daya dukungan mode (Default ditutup).

2.Power Off

Matikan daya normal dengan mengirimkan perintah AT “AT + CPOWD = 1” atau menggunakan PWRKEY. Unit manajemen daya mematikan catu daya untuk bagian baseband modul, dan hanya catu daya untuk RTC yang tersisa. Perangkat lunak tidak aktif. Port serial tidak dapat diakses. Catu daya (terhubung ke VBAT) tetap diterapkan.

3. Mode fungsionalitas minimum

Perintah AT “AT + CFUN” dapat digunakan untuk mengatur modul ke mode fungsionalitas minimum tanpa melepaskan catu daya. Dalam mode ini, bagian RF dari modul tidak akan berfungsi atau kartu SIM tidak dapat diakses, atau bagian RF dan kartu SIM akan ditutup, dan port serial masih dapat diakses. Konsumsi daya dalam mode ini lebih rendah dari mode normal.

Anda dapat menemukan lembar data SIM808, program untuk mengunggah firmware baru dan dokumen lain di sini dan di sini.

Menangani Data GPS

Setelah penerima GPS mengirimkan kalimat NMEA ke Arduino, dan kalimat tersebut telah dibaca dengan benar dan disimpan dalam “format yang bagus dan sederhana”, lalu apa selanjutnya?

Sinyal dan koneksi papan evolusi Bluetooth GPS SIM808 GSM GPRS (EVB-V3.2)

Konfigurasi Pin/Pinout Modul GSM SIM808 EVB-V3.2

SIM808 Sms gateway Arduino

SMS Gateway menggunakan Arduino dan SIM808 untuk kebutuhan monitoring sensor, atau notifikasi peringatan. y

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button