Rangkaian Elektronika

Rangkaian Resistor Pembagi Tegangan

Rangkaian Resistor Pembagi Tegangan yang paling sederhana dan paling umum adalah seperti diperlihatkan pada Gambar dibawah ini. Rangkaian ini digunakan dalam aplikasi pengkondisi sinyal dimana tranduser mengubah tahanan dengan perubahan variable dinamik. Beberapa modifikasi dari rangkaian dasar ini juga dipakai untuk aplikasi spesifik lainnya. Berikut merupakan rangkaian dasar dari Pembagi tegangan seperti ditunjukkan.

Pengertian Rangkaian Resistor Pembagi Tegangan

Rangkaian Resistor Pembagi Tegangan adalah rangkaian resistor yang digunakan untuk mengatur keluaran tegangan dari input Catu Daya agar sesuai dengan yang di inginkan. Misalnya ada Output tegangan dari sebuah catu Daya sebesar 5V, kemudian kita membutuhkan tegangan sebesar 4.3 V, salah satu alternatifnya bisa menggunakan rangkaian pembagi tegangan. Namun perlu diketahui, Rangkaian Resistor Pembagi Tegangan tersebut tidak mempunyai Kapasitas Arus yang cukup besar.

Dalam kasus ini beda potensial, ∆V antara a dan b adalah:

V=VaVb

Dimana:

Va       =  Potensial antara titik a terhadap c.

Vb       = Potensial titik b terhadap c.

Nilai Va dan Vb sekarang dapat dicari dengan memperhatikan bahwa Va adalah hanya tegangan sumber. Rumus untuk mencari Va ditunjukkan dengan persamaan.

Va=VR3R1+R3

Dengan cara yang sama, sedangkan untuk mencari Vb dirumuskan dengan persamaan.

Vb=VR4R2+R4

Dimana :

V                                 = Tegangan sumber Jembatan.

R1, R2, R3, R4           = Resistor-resistor jembatan.

Jika pada kedua persamaan diatas dikombinasikan, beda tegangan atau offset tegangan dapat ditulis dengan persamaan.

Vb=VR3R1+R3VR4R2+R4

Persamaan tersebut mengindikasikan bahwa kapan saja rangkaian Pembagi tegangan dipasang dan resistor diatur untuk setimbang detektor, nilai-nilai resistor harus memenuhi persamaan yang diindikasikan. Tidak masalah jika tegangan sumber berubah, kondisi setimbang dipertahankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button