Tutorial Arduino

LCD 16×2 Arduino

LCD 16×2 Arduino. Cara mengakses LCD 16×2 menggunakan Arduino. LCD (Liquid Crystal Display) adalah suatu jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama. LCD sudah digunakan diberbagai bidang misalnya alal–alat elektronik seperti televisi, kalkulator, ataupun layar komputer.

Teori Dasar LCD 16×2

Sebelum membahas cara mengakses LCD 16×2 menggunakan Arduino, kita akan membahas teori dasar LCD 16×2 terlebih dahulu. Sumber cahaya didalam sebuah perangkat LCD adalah lampu neon berwarna putih dibagian belakang susunan kristal cair tadi. Titik cahaya yang jumlahnya puluhan ribu bahkan jutaan inilah yang membentuk tampilan citra, kutub kristal cair yang di lewati arus listrik akan berubah karena pengaruh polaritas medan magnetik yang timbul dan oleh karenanya akan hanya memberikan beberapa warna diteruskan sedangkan warna lainnya terasing. LCD yang digunakan adalah LCD dot matrik dengan jumlah karakter 16×2. LCD ini nantinya akan digunakan untuk menampilkan status kerja alat, yaitu berupa tampilan waktu yang akan berubah.

Spesifikasi LCD 16×2

  • Terdiri dari 16 karakter dan 2 baris.
  • Mempunyai 192 karakter tersimpan.
  • Terdapat karakter generator
  • Dapat dialamati dengan mode 8-bit dan 4-bit.
  • Dilengkapi dengan back light.

Konfigurasi Pin LCD 16×2

Konfigurasi Pin LCD 16×2 dan penjelasan masing-masing pin nya adalah sebagai berikut:

LCD 16x2 Arduino

Tutorial Arduino Bahasa Indonesia pada website saya ini, hal yang paling mendasar dalam pembelajaran Arduino adalah cara mengakses LCD.

interface LCD merupakan sebuah parallel bus, dimana hal ini sangat memudahkan dan sangat cepat dalam pembacaan dan penulisan data dari atau ke LCD. Kode ASCII yang ditampilkan sepanjang 8 bit dikirim ke LCD secara 4 bit atau 8 bit pada satu waktu. Jika mode 4 bit yang digunakan, maka 2 nibble data dikirim untuk membuat sepenuhnya 8 bit (pertama dikirim 4 bit MSB lalu 4 bit LSB dengan pulsa clock EN setiap nibblenya). Jalur kontrol EN digunakan untuk memberitahu LCD bahwa mikrokontroler  mengirimkan data ke LCD. Untuk mengirim data ke LCD program harus menset EN ke kondisi high (1) dan kemudian menset dua jalur kontrol lainnya (RS dan R/W) atau juga mengirimkan data ke jalur data bus.

Misalnya, untuk menampilkan huruf “A” pada layar maka RS harus diset ke 1. Jalur kontrol R/W harus berada dalam kondisi low (0) saat informasi pada data bus akan dituliskan ke LCD. Apabila R/W berada dalam kondisi high (1), maka program akan melakukan query (pembacaan) data dari LCD. Instruksi pembacaan hanya satu, yaitu Get LCD status (membaca status LCD), lainnya merupakan instruksi penulisan. Jadi hampir setiap aplikasi yang menggunakan LCD, R/W selalu diset ke 0.

Library Arduino untuk mengakses LCD 16×2

Library Arduino untuk mengakses LCD 16×2 adalah menggunakan LiquidCrystal.h 

Rangkaian Skematik LCD 16×2 Arduino

lcd 16x2 arduino

 

Jika artikel ini dirasa bermanfaat bagi pembaca sekalian, silahkan komen atau subscribe website kami, dengan memasukkan email anda, maka anda akan menerima notifikasi update terbaru dari kami. 

Kami menerima jasa pembuatan hardware dan software:

  • alat elektronika untuk kebutuhan penelitian.
  • pembuatan software untuk monitoring.
  • alat tugas akhir untuk penelitian mahasiwa.
  • display jam digital dan lain-lain.
  • Dashboard Internet Of Things(IoT).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button