Tutorial Arduino

Fuse bit Arduino

Fuse bit Arduino adalah register 8-bit dalam mikrokontroler yang berfungsi untuk mensetting parameter kerja mikrokontroler. Misalkan sebuah mikrokontroler akan di tanam boatloader, Low Voltage Operation, Setting Clock dll. Register Fusetbit terdiri dari beberapa bagian, yaitu Low Fusebit, High Fusebit, Extended Fusebit dll. Jika anda sedang memprogram Board Arduino, kemudian tiba-tiba tidak bisa meng-upload firmware ke dalam Board Arduino, sudah berbagai cara anda lakukan, cara troubleshooting Board Arduino tidak bisa di program.

  • Apakah COM USB pada devices manager terdeteksi? Jika ya coba ganti Port USB yang lain.
  • Cabut dan Colok kembali Port USB Arduino.
  • Jika Board Arduino terhubung ke berbagai sensor dan rangkaian lain, coba lepas semua. tinggal board arduino saja.
  • Cek apakah IC Mikrokontroler ATMega328 ada yang panas?
  • Cek apakah rangkaian ada yang short antara VCC dengan GND?

Jika Troubleshooting Arduino yang tidak bisa upload program sudah dilakukan, tetapi masih saja board arduino belum bisa di program atu upload program, nah salah satu penyebabnya bisa jadi Fuset Bit IC Mikrokontroler ATMega 328 me-reset.

Tutorial Setting Fuse bit Arduino pada postingan ini adalah untuk anda yang menggunakan IDE Arduino tetapi Board atau Sistem Minimumnya menggunakan Board Custom, artinya anda tidak menggunakan Board Arduino nya sendiri. Tentunya dengan cara ini anda bisa lebih menghemat biaya.

Cara settingnya adalah yang pertama kali anda harus menyiapkan Board Custom menggunakan Mikrokontroler ATmega328. Peralatan yang anda butuhkan diantaranya adalah software fuse bits calculator

fuse bit arduino

Gambar diatas adalah konfigurasi register fusebit pada mikrokontroler ATMega328P.

Arduino Uno/Genuino

lfuse = 0xff
hfuse = 0xde
efuse = 0x05

Arduino Nano

lfuse = 0xFF
hfuse = 0xDE
efuse = 0xFD

Arduino Micro

lfuse = 0xFF
hfuse = 0xDE
efuse = 0xFD

Arduino Mega2560

lfuse = 0xFF
hfuse = 0xD8
efuse = 0xFD

Arduino Pro-Mini

lfuse = 0x62
hfuse = 0xDB
efuse = 0x05

“Jika artikel ini sangat bermanfaat bagi anda, silahkan share ke facebook atau Platform media sosial yang lainnya. Atau anda bisa meninggalkan komentar di kolom komentar. Jika masih ada pertanyaan seputar artikel Tutorial Arduino, anda bisa berdiskusi di halaman komunitas kami”

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button