Dasar Arduino

Arduino Untuk Pemula

Tutorial Arduino Indonesia

Story Highlights
  • Arduino untuk pemula
  • Dasar-dasar Arduino

Arduino untuk pemula

Jika anda baru pertama memulai pembelajaran mengenai Pemrograman Arduino, dan memahami rangkaian berbagai macam Board Arduino. Maka artikel ini bisa dikatakan cocok sebagai Tutorial Arduino Untuk PemulaPada tutorial ini akan dibahas mengenai langkah awal bagi anda yang baru memulai belajar Mikrokontroler dengan Platform Arduino.

Langkah Awal Belajar Arduino

Langkah awal dan dasar dalam memulai pembelajaran mengenai arduino, bisa sedikit saya rincikan adalah sebagai berikut:

  • Board Arduino. Langkah awal dalam memulai arduino adalah mempunyai Board Arduino terlebih dahulu, apapun itu jenis Board Arduinonya. tapi jika anda tidak cukup biaya untuk membeli Board Arduino, anda bisa menggunakan Software Simulasi Arduino. Dengan Software Simulasi Arduino, anda bisa belajar memahami mengenai pemrograman arduino dan cara kerjanya. Jika anda ingin mengetahui berbagai macam Board Arduino, maka anda bisa membaca artikel saya mengenai macam-macam Board Arduino. 
  • IDE Arduino. IDE Arduino adalah wajib anda install di Komputer anda, bisa menggunakan versi installer yang di install di komputer, atau anda bisa menggunakan versi webnya. Ada juga IDE Arduino untuk Smartphone.
  • Syntax Arduino. Fondasi awal adalah anda sedikitnya harus memahami syntax(perintah) program untuk menjalankan fungsi Input/Output pada Arduino. Tidak semuanya harus anda hafal ya, memangnya programmer handal itu pasti semua menghapal syntax nya? tidak semuanya juga mesti di hapal, yang penting anda memahami, dan mempunyai referensi.
  • Mikrokontroler. Ini yang paling penting, anda harus mengerti mengenai Mikrokontroler. Karena arduino itu hanyalah sebuah Platform, bukan mikrokontroler. Sejatinya Arduino itu Platform untuk mempelajari Mikrokontroler. Karena dasarnya Board Arduino kebanyakan menggunakan Mikrokontroler dari ATMEL, yaitu ATMega328, ATMega32, ATMega2560 dan lain lain.

Dari semua list yang sudah saya sebutkan diatas, itu hanya langkah awal saja, yang lebih penting adalah niat dari dalam diri ingin belajar dan memahami ilmu mengenai Pemrograman tertanam, atau dulu istilah saya pas kuliah ada nama mata kuliah Sistem Tertanam. Belajar pemrograman mikrokontroler zaman sekarang, tidak sesulit tahun 2009, dulu saya masih menggunakan Bahasa Assembly dengan Mikrokontroler AT89S51/52. Selain itu masih jarang tutorial di internet yang membahas mengenai pemrograman mikrokontroler.

Jika artikel ini dirasa bermanfaat, silahkan bagikan ke sosial media anda atau komunitas belajar anda. Jangan lupa SUBSCRIBE untuk berlangganan artikel dari web ini secara gratis. Diskusi seputar pertanyaan dan sharing ilmu silahkan melalui Forum yang sudah saya sediakan, Forum Arduino – Uart Developer.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button